Minggu, 20 Maret 2011

Vaksinasi Hepatitis B

Sudahkah Anda divaksin Hepatitis B? 
Vaksinasi hepatitis B dilakukan dengan 3 kali penyutikan. Antara penyuntikan 1 dan 2 dibutuhkan selang waktu 1 bulan. Untuk penyuntikan ke-3, dilakukan 6 bulan kemudian dan vaksin ke-3 ini berfungsi sebagai booster sehingga akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah titer hasil penyuntikan sebelumnya masih tinggi atau tidak. Jika masih tinggi, penyuntikan akan ditunda sampai titernya rendah.

Satu syarat utama sebelum melakukan vaksinasi hepatitis B adalah melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui positif atau tidaknya kita menderita hepatitis B. Kalau kita sudah positif menderita hepatitis B, ya buat apa divaksin kan? :) Test pack untuk pemeriksaan hepatitis B mirip dengan test pack kehamilan. Bedanya, jika tes hamil menggunakan urin, maka tes hepatitis menggunakan darah yang diambil dari ujung jari tengah. Jika darah pada test pack membentuk 2 garis, berarti positif terkena hepatitis B. Menurut saya, tahap inilah yang paling mendebarkan, karena –lepas dari kita boleh divaksin atau tidak- disinilah kita divonis positif / tidaknya kena hepatitis B

Kemarin Jumat 04 Maret 2011,para mahasiswa Prodi Keperawatan Blora khususya Tingkat I dan II yang ingin mengikuti saja. Vaksin ini membutuhkan biaya sebesar Rp 200.000. dan untuk vaksin yang pertama kemarin kami bisa membayar Rp. 70.000,- dulu,  sisanya menyusul di vaksin yang ke2.
Menurut teman kami, ini termasuk murah karena biasanya jenis vaksinasi ini bila dilakukan di rumah sakit bisa mencapai Rp.300.000,-. Untuk sekedar informasi saja bahwa vaksin ke-2 akan dilaksanakan di awal April. Siapin diri yaa..
Salam Mahasiswa  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar